Program Kerja

PROGRAM KERJA
KELUARGA SANTRI DAN ALUMNI
PONDOK PESANTREN LANGITAN (KESAN)

Bismillahirrahmanirrahim

Program kerja ini sesuai dengan arahan dan saran Ahlus Syuro war Riqobah KESAN dan masukan-masukan peserta RAKER KESAN, yang pada intinya tetap mengacu pada program yang telah menjadi keputusan MUNAS II KESAN, oleh karena itu, rancangan kerja yang ada sekarang merupakan pengembangan dan peningkatan program yang telah ada, maka untuk lebih efektifnya kita buat susunan sebagai berikut:

A. Departemen Penerangan dan Dakwah
1. Mewujudkan penyusunan peta dakwah di setiap daerah yang ada kepengurusan KESAN.
2. Mewujudkan pelaksanaan dakwah di daerah khusus, seperti kawasan industri, pemukiman baru, minoritas muslim, transmigrasi dan daerah tertinggal.
3. Memberi perlindungan dan pembinaan terhadap umat Islam terutama daerah miskin dalam rangka penguatan akidah umat dari ancaman pendangkalan, penyimpangan, dari faham, pemikiran, aliran dan ideologi sesat.
4. Mempelopori dan mengkoordinasikan kegiatan pelatihan/pendidikan kader dakwah.
5. Menyusun petunjuk pelaksanaan (Juklak) dakwah.
6. Melakukan pengkajian tentang metode, materi, subyek, dan media dakwah sesuai dengan perkembangan zaman.
7. Merumuskan panduan Dakwah Aswaja secara komprehensip sebagai acuan bagi da’i dan da’iyah dalam melakukan tugas.
8. Meningkatkan pengembangan masyarakat melalui pembangunan sosial-ekonomi yang berbasis pada dakwah bil hal.
9. Mendorong segenap komponen bangsa khususnya umat Islam agar secara pro-aktif mengantisipasi terhadap ancaman gerakan komunisme dan segala faham yang mengancam eksistensi NKRI.

B. Departemen Pendidikan dan Kader
1. Mewujudkan kaderisasi di dalam lingkungan departemen sehingga ada kesinambungan kepengurusan di masa mendatang.
2. Melanjutkan dan meningkatkan mutu pendidikan kader ulama di tingkat Pusat, Wilayah dan Cabang demi menumbuhkan dan mengembangkan Pondok Pesantren diseluruh wilayah Indonesia (khususnya di luar jawa).
3. Mengupayakan berdirinya perpustakaan Islam berbasis Aswaja di kantor Pusat Kesan.
4. Memberikan kontribusi pemikiran dan dorongan untuk meningkatkan eksistensi pendidikan agama khususnya pesantren salaf.
5. Melakukan koordinasi dan sinergi lembaga pendidikan atau Pondok Pesantren.
6. Mendorong peningkatan kualitas pendidikan Islam/Pondok Pesantren, sehingga memiliki keunggulan komparatif dan kompetitif.
7. Memprakarsai adanya pelatihan bagi tokoh-tokoh muda agar memiliki visi keagamaan dan kebangsaan yang benar.
8. Memberikan kontribusi pemikiran keagamaan mengenai isu yang berkaitan dengan remaja, perempuan, serta turut memberikan solusi dalam menghadapi masalah-masalah yang dihadapi.

C. Departemen Ekonomi dan Keuangan
1. Melakukan kajian-kajian peraturan perundangan tentang ekonomi syari’ah.
2. Mendorong terlaksananya praktek ekonomi kerakyatan yang bertumpu pada konsep syariah.
3. Meningkatkan komunikasi, informasi, dan edukasi sistem ekonomi syariah.
4. Mendorong percepatan operasional/pengelolaan KOPERASI KESAN dengan mendirikan Unit-Unit Usaha Syari’ah.
5. Mendata dan menginfentarisir alumni yang menjadi pengusaha.
6. Mengadakan seminar dan pelatihan kewirausahaan (Entrepreneurship).

D. Departemen Organisasi
1. Mengupayakan rutinitas silaturrahim (turba) oleh pengurus kepada jajaran kepungurusan di bawahnya dengan tujuan untuk lebih meningkatkan alaqoh ruhaniyah dan terciptanya konsolidasi organisasi.
2. Mengadakan kerjasama dengan instansi pemerintah atau lembaga swasta dalam upaya meningkatkan peran alumni di tengah-tengah kehidupan masyarakat global.
3. Membuat database dan melakukan pendataan alumni secara menyeluruh, sehingga keberadaan alumni di mana pun tempatnya dapat lebih mudah untuk dimonitoring.

E. Lajnah Bahtsul Masail
1. Mengadakan “Bahtsul Masa’il” tentang berbagai aliran keagamaan/kepercayaan yang berkembang dan memberikan penjelasan yang benar dan memadai dalam upaya melindungi umat dari aliran, kepercayan, dan atau ideologi yang sesat.
2. Mengadakan “Bahtsul Masa’il” terhadap buku, karya ilmiah, dan berbagai referensi lain yang meresahkan masyarakat dan diduga mengandung paham atau pemikiran sesat.
3. Merespon berbagai isu yang muncul di media massa yang terkait dengan persoalan keagamaan.
4. Mengadakan kajian dalam bentuk seminar, loka karya, simposium, dan dialog untuk membahas masalah-masalah aktual sedikitnya satu kali dalam setahun.
5. Mengembangkan kegiatan ilmu syari’ah di kalangan alumni mengenai berbagai persoalan umat Islam sesuai dengan tingkatan kebutuhan dalam memberikan bimbingan dan pedoman hukum bagi umat Islam.

F. Lajnah Ta’lif wan Nasyr
1. Menerbitkan hasil-hasil bahtsul masa’il.
2. Menyusun dan menerbitkan buku tentang konsep Ahlussunnah wal Jama’ah secara lengkap untuk dijadikan buku standar yang dapat digunakan alumni dan masyarakat umum.
3. Menyusun dan menerbitkan materi khutbah dan dakwah untuk disebarluaskan di masjid-masjid dan mushalla sebagai respon terhadap kelompok lain yang melakukan propaganda untuk mendiskriditkan ajaran-ajaran Aswaja dengan cara yang sama.
4. Mendorong percepatan pengembangan, pengelolaan majalah KAKILANGIT, dengan ikut mensosialisasikan kepada masyarakat umum.

G. Lajnah Falakiyah, HISAB, dan RUKYAH
1. Mengadakan majlis falakiyah untuk melakukan koordinasi pelaksanaan rukyatul hilal awal bulan, khususnya Romadhon, Syawal dan Dzulhijjah.
2. Mengadakan pelatihan dan kaderisasi Ulama’ Hisab.
3. Mengadakan workshop penyusunan kalender Hijrah-Masehi untuk menjadi acuan penerbitan kalender di lingkungan alumni dan warga Nahdhatul Ulama’.

H. Lajnah Auqof, Zakat, Infaq dan Shodaqoh
1. Melakukan koordinasi dalam pelaksanaan dan pemanfaatan waqof, zakat, hibah, shodaqoh dan lain-lain untuk kepentingan kesejahteraan umat.
2. Mendorong percepatan berdirinya YAYASAN TA’AWUN sebagai wadah/lumbung amanat ZIS (Zakat, Infaq, Shodaqoh) anggota KESAN.

Ditetapkan di Langitan, 27 Jumadil Ula 1432/30 April 2011

line
footer
Powered by WordPress | jasa pembuatan website